Cara Membuat Komentar Facebook Untuk Setiap Posting

Artikel Dusunblog kali ini membahas tentang cara membuat komentar facebook di blogger yang berbeda untuk setiap postingan.

Maksudnya adalah, formulir komentar facebook ini sedikit berbeda dengan widget yang kita ambil langsung dari facebook. Karena di widget tersebut komentar akan bercampur dari semua artikelyang ada di blog kita.
 
Sering juga pengunjung blog ingin berkomentar tapi merasa nggak punya alamat blog unuk isi URL langsung deh niatnya diurungkan.

Atau juga sudah nulis komentar panjang lebar pas mau di selesai malah nggak bisa ngisi fitur keamanan alias terkendala captcha yang memang agak ribet.

Mungkin isi artikel ini bisa menjadi solusi untuk kawan sedusun yang merasa blognya sepi komentar. Barangkali aja dengan adanya komentar lewat facebook ini bisa membuat pengunjung di blog kawan sedusun mudah memberikan masukan dan sarannya.

Nggak usah panjang lebar lagi basa-basinya, kebetulan ane juga ingin istirahat sebentar sebelum sahur.

Dan berikut cara membuat formulir komentar lewat facebook yang bisa menyesuaikan (berbeda) untuk posting yang dikomenari pengunjung, atau komenar yang tampil sesuai dengan artikel yang dikomentari :

  • Buka dashboard blog, kemudian pilih menu template dan edit HTML.
  • Ikuti langkah seperi yang ada digambar dibawah ini :
komentar facebook di blogspot



Keterangan gambar :

  1. Centang ekpand template widget
  2. Cari kode ini : <b:includable id='status-message'>
  3. Letakkan kode dibawah (kode komentar facebook untuk setiap postingan) ini diatas </b:includable>
  4. Kode untuk komentar facebook

<b:if cond="data:blog.pageType == &quot;item&quot;"> <div id='fb-root'/>
<script src='http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1'/>
<fb:comments expr:href='data:post.url' num_posts='5' width='500'/>
</b:if>

Langkah terakhir klik simpan template.

#Catatan : idak ada salahnya untuk menyimpan (back up) template erlebih dahulu sebelum mengeditnya, untuk jaga-jaga kalau ada terjadi hal yang tidak diinginkan (gagal).

Contoh jadi cara membuat komentar facebook yang berbeda untuk setiap postingan bisa kawan sedusun lihat di bawah artikel ini, diatas formulir komentar blog.

Jawaban untuk @kemon baca dan @Jr's Wirogas :

Mohon ma'af baru bisa menjawab, dan maaf juga ternyata kode tidak tertampil di kolom komentar. Berikut triknya :

Perhatikan gambar dibawah ini :


Keterangan gambar :
1 - Kode pertama yang harus dicari.
2 - Kode yang  menentukan letak komentar facebook.
3 - Kode komentar facebook.

Jika ada kode </b:includable> yang lebih dari satu, letakkan kode komentar facebook di atas kode : </b:includable> yang paling dekat dengan kode-kode element posting.

#Update Senin, 26/11/2012 : Cara agar ada notifikasi/pemberitahuan saat pengunjung berkomentar di kolom komentar facebook bisa dilihat DISINI.

Semoga cukup jelas dan bisa dimengerti.

Informasi Artikel:
Description: Cara membuat komentar facebook berbeda di setiap posting blogspot Rating: 4.8
Comments
43 Comments

43 komentar:

kemon baca mengatakan...

maaf mas bro..
saya sudah coba langkah-langkah diatas dengan teliti.
tapi tidak ada pengaruh APAPUN di blog saya.

kenapa yah?

Abi Arkan mengatakan...

@kemon bacaMungkin sama dengan blog saya yang satunya. Ada fitur yang serupa bawaan dari template. Solusinya : letakkan kode komentar facebook di atas fitur yang serupa tersebut. Lihat dulu kode di HTML nya. jika ada fitur lain diatas kode "" yang juga untuk komentar, letakkan kode komentar facebook di atas "" kode tadi.

Jr'sWirogas mengatakan...

Begitu? juga dengan saya..!!
Saya sudah mencoba tapi tidak bisa.
Tolong!! di perjelaskan lagi :)

filterairminum-gmg mengatakan...

Jawaban yg ditanyakan udah terjawab saya udah berhasil.Hebat!! Thanks berat gan!

Aswar Fitrah mengatakan...

thanks atas infonya gan

TERWOW mengatakan...

mantap gan, sudah bisa dipasang. coba liat di terwow.blogspot.com/2012/10/5-manfaat-apel-yang-jarang-diketahui.html

rone mengatakan...

terimakasih gan masukanya

Apri Aldi mengatakan...

bung, gimana caranya agar gak hanya muncul pada postingan terakhir bung????
di blog ane cuma mncl pada postingan terakhir, tidak pada setiap postingan bung.. help me

Abi Arkan mengatakan...

@Apri Aldi Nah, kalau yang seperti ini ane belum pernah temui. Mungkin ada kode yang hilang atau ketinggalan. Coba dicek sekali lagi semuanya. Atau juga log out dulu dari blognya tutup browsher baru login lagi. Siapa tahu chace kompi juga berpengaruh.

WYYC mengatakan...

terima kasih banyak brow, its help full

Indry Sefviana mengatakan...

Bagus nih bisa saya terapkan diblog saya :D
Mohon kunjung balik yaa kaka
Tubbymore
Salam blogger

vandebuy.blogspot.com mengatakan...

susah jg ya ternyata. btw, maen2 donk ke blog kite http://vandebuy.blogspot.com/

Serba Klop mengatakan...

mantab gan.. Tengkiyu yo

Ropink M mengatakan...

susah Gan, udah sya coba saran"nya tapi tetp gak bisa...
ada saran lagi gak ya??? :(

jocker mengatakan...

notifikasi ketika ada komentar lihatnya dimana om, muncul apa kagak ya..?

Abi Arkan mengatakan...

@jocker Ntu dia masalahnya masalahnya masbro. Tidak ada notifikasi komentar yang masuk, jadi sekalian juga saya mohon maaf buat kawan semua yang berkomentar lewat facebook yang merasa tidak mendapat tanggapan dari saya.

Untuk komentar facebook yang ada notifikasinya, kita bisa menggunakan fitur apps dari facebook. Tapi sayangnya saya masih belum berhasil membuatnya

jocker tutor mengatakan...

@Abi Arkan sip sip, setidaknya udah bisa pasang fb commentnya,..tinggal nyari cara gimana biar dapat notifikasi...semangat terus om

Dotnex mengatakan...

berhasil ga berhasil langsung di coba,

Informasi dan Review mengatakan...

sip mas, aku sudah ikuti pentunjuk di atas dan berhasil :)

Dede Tolibin mengatakan...

Pusing ttp ajah gk jd,,, mohon pencerahannya,,, :-(

kanggurukoe mengatakan...

Bisa kerja... It works thanks a lot.. Tp kok nggak bs berdampingan dg comment blog spt punyamu?

Abi Arkan mengatakan...

@kanggurukoe Trik diatas emang dibuat belum berdampingan seperti yang sekarang gan. Nanti ane buatkan artikel untuk yang berdampingan, sekalian juga nanti (mudahan bisa) ane tulis trick agar ada notif di fb kita pas orang komentar pake facebook

AgaSifa mengatakan...

gan kalu cara pasang iklan disamping related post kaya punya agan gmna??
tx before.

Abi Arkan mengatakan...

@AgaSifa Itu bawaan template gan..

AgaSifa mengatakan...

@Abi Arkan
itu pake widget pa lewat edit html gan??
klu lewat html naro skripnya dimana.
maaf gan sya msih newbi. :)

Suryadarmadi Sadar mengatakan...

mantap gan...sudakh ta coba..

yOu WahYou mengatakan...

kalo pengen komentarnya seperti agan gmn?

Abi Arkan mengatakan...

@yOu WahYou
Nanti kalau ada kesempatan ane tulis cara membuatnya. Atau kalau ingin cepat bisa di lakukan pecarian di google dengan kata kunci "membuat komentar facebook dan blogger berdampingan"

Eva Anindhita mengatakan...

kalo bikin komentar fb di blog versi hp gimana?

Abi Arkan mengatakan...

Waduh.. kalau yang ini ane belum bisa sist.. semoga ada teman lain yang kebetulan berkunjung kesini yang mau berbagi ilmunya

jasafinance mengatakan...

mantap gan,ane sudah coba diblog ane...tks ya keren jd nya.... by http://jasafinance.blogspot.com

roy wijaya mengatakan...

kepingin kotak komentar kaya gini ga bisa teruz
http://www.pusatsuzuki.com/2012/12/new-facelift-swift-2013-semarang-review.html

rah-toem mengatakan...

Ini yang ane cari gan, terima kasih tutornya, 100% ane berhasil.

Abi Arkan mengatakan...

Sama-sama gan.. semoga bisa membantu

kodox FreakS mengatakan...

makasih brow ahirnya bisa juga...

btw boleh ijin copas ga ini artikel... :)

Abi Arkan mengatakan...

Silahkan masbro.. tapi jangan lupa hadiahnya (Link sumber) :)

bagus satrio mengatakan...

mantap gan

Kristian Porung mengatakan...

Thx postingnya... :) It works (y)

Budi Pradana mengatakan...

Boleh di coba Ne gan....

Ronal Nusi mengatakan...

berhasil...
makasih kaka....
anw, kok di atas blog saya ada tulisan''supaya membuat komentar facebook...??''
gimana hilanginya kak.?

Abi Arkan mengatakan...

kayaknya ente copy langsung dari artikel trus di paste ke template ya? sebaiknya paste ke catatan dulu baru di copas ke edit HTML nya

Full Gratis mengatakan...

masih bingung mas bro, .. ..

Portalpilihan mengatakan...

pas bgt alhamdulillah bisa mas, makasih ya :)

Poskan Komentar

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"