Naskah (Teks) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (Asli dan Peubahan)

Logo HUT RI ke 68
 Dusunblog - Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 68, kali ini Dusunblog ingin mengingat kembali bagian dari sejarah hari Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17-08-1945. Salah satu bagian penting dari sejarah kemerdekaan yakni naskah Proklamasi kemredekaan RI itu sendiri.

Mengingat sedikit sejarah tentang hari kemerdekaan sebagai bagian dari rasa cinta pada Tanah Air. Selain itu, bagi yang biasa mengikuti upacara peringatan Proklamasi ataupun bagi kawan sedusun yang biasa cuap-cuap di radio dan mejeng di depan kamera tv, tidak jarang di sodori pertanyaan mengenai Proklamasi. Baik itu disuruh menyanyikan lagu Proklamasi, menghapal teks Proklamasi dan lain sebagainya. Barangkali saja tulisan ini berguna, bukan cuma bagi mereka yang eksis di media elektronik, mungkin juga untuk bekal pengetahuan pribadi. 

foto Presiden Soekarno membacar teks proklamasi
Foto: Wikipedia
Sebagai pengingat atau bahkan bisa jadi ada yang belum tahu kalau naskah (teks) Proklamasi Kemerekaan Republik Indonesia itu ada dua. Yang pertama adalah naskah Proklamasi Klad - naskah ini merupakan tulisan asli dari Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno, dan teks ini merupakan hasil gubahan (karangan) oleh Drs. Mohammad Hatta dan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo.

Naskah (Teks) Proklamasi Kemerdekaan Klad Tulisan Asli Presiden Soekarno

teks Proklamasi kemerdekaan RI yang asli
Naskah Proklamasi Klad yang ditempatkan di Monas (Wikipedia)
Isi naskah Proklamasi Klad:

Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, 17 - 8 - '05      
Wakil2 bangsa Indonesia.

Naskah (Teks) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Hasil Perubahan


Teks proklamasi kemerdekaan RI yang sudah diperbaharui
Naskah Proklamasi hasil perubahan yang ditempatkan di Monas (Wikipedia)
Yang kedua yakni teks Proklamsi Kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah mengalami prubahan, dan disebut juga dengan naskah "Proklamasi Otentik", ini merupakan hasil ketikan  Mohamad Ibnu Sayuti Melik. Isi naskah (teks) Proklamasi hasil perubahan:

P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.            
Soekarno/Hatta.                               

Sedikit penjelasan tentang tahun yang tercantum dalam kedua naskah Proklamasi Kemerdekaan RI tersebut, disitu tertulis tahoen (tahun) '05 yang berarti tahun 2605. Karena pada masa tersebut (zaman pemerintah pendudukan militer Jepang), penanggalan yang digunakan adalah sesuai dengan penanggalan yang berlaku di Jepang.

Sumber: Wikipedia
Comments
1 Comments

1 komentar:

Dinar Hilmi mengatakan...

proklamasi adalah aturan

Poskan Komentar

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"